Selasa, 21 Juni 2016

MIE DAGING



BAB I
LATAR BELAKANG

            Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi produk olahan mie yang besar di dunia. Masyarakatnya menyukai mie karena berbagai alasan, misalnya praktis dalam pengolahan serta enak untuk dikonsumsi. Salah satu jenis mie yang terkenal adalah kwetiau. Kwetiau merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok dan mulai berkembang di Indonesia karena banyaknya etnis Tionghoa yang bermukim di Indonesia. Kwetiau biasanya terbuat dari tepung beras, berbentuk seperti mie pada umumnya dan pipih.
            Namun, kwetiau tidak terlalu banyak mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Untuk itu, pada pengolahan kwetiau ini kami tambahkan substitusi daging ayam yang dapat menambah nilai gizi berupa protein. Sehingga, kwetiau tidak hanya mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, tetapi juga dapat digunakan sebagai zat pembangun.
            Penggunaan daging ayam juga dapat menambah cita rasa bila substitusinya dilakukan dengan takaran tertentu. Dengan tambahan bahan – bahan lain, diharapkan produk kwetiau ayam kami akan dapat memperbaiki cita rasa dan juga nilai gizi.



BAB II
KONSEP PRODUK

A.    Analisa Produk
            1.      Deskripsi Produk
Kwetiau ayam merupakan produk kwetiau yang terbuat dari tepung terigu dengan substitusi ayam yang telah dihancurkan, ditambah dengan bumbu – bumbu yang bertujuan untuk meningkatkan nilai gizi dan juga memperbaiki cita rasa. Kwetiau ayam yang kami buat adalah kwetiau basah atau tanpa proses pengeringan, sehingga produk ini kurang awet. Produk ini berwarna putih, krem dengan bentuk pipih dan memanjang. Kwetiau ayam ini dapat diolah menjadi kwetiau rebus (kuah) maupun kwetiau goreng.

      2.      Manfaat Produk
Kwetiau ayam ini memiliki berbagai manfaat yaitu :
a.       Memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh untuk sekali makan, karena mengandung karbohidrat, protein dan vitamin.
b.      Menciptakan variasi produk hasil olahan hewani, karena produk kwetiau ayam ini belum banyak diproduksi

B.     Analisa Pasar
      1.      Selling Point
Kwetiau ayam ini merupakan produk inovasi dengan beberapa keunggulan, diantaranya yaitu memiliki kandungan karbohidrat, protein dan beberapa vitamin. Selain itu, dengan ditambahkannya daging ayam dan bumbu – bumbu lain, dapat memperbaiki cita rasa produk.

      2.      Market Potensi
Indonesia merupakan negara dengan jumlah konsumsi mie terbanyak di dunia nomor dua. Hal ini dapat mempermudah dalam pengenalan produk dari jenis mie, yaitu kwetiau ayam ini ke masyarakat. Di samping itu, penggunaan daging ayam yang relatif disukai oleh masyarakat juga akan mempermudah produk ini untuk diterima oleh konsumen.
Kwetaiu ayam ini merupakan produk inovasi, sehingga belum banyak produsen yang menghasilkan produk ini. Dapat dianalisis bahwa pesaing produk masih sedikit sementara potensi untuk mengembangkan produk kwetiau ayam ini sangat besar.

      3.      Analisis Konsumen
Daging ayam yang relatif disukai oleh konsumen sehingga akan mempermudah produk ini untuk diterima masyarakat. Dengan digunakannya daging sebagai substitusi untuk adonan kwetiau, akan meningkatkan prestice dari kwetiau tersendiri. Di samping itu meskipun dengan penambahan daging ayam, namun harga dari kwetiau ini tetap terjangkau bagi semua kalangan.

      4.      Segmentasi Pasar
Kwetaiu ayam ini dapat dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak – anak hingga lansia, serta dari lapisan ekonomi apapun, mulai dari ekonomi rendah sampai ekonomi tinggi.

      5.      Analisis Kompetensi
a.       Strategi Harga
Harga yang ditawarkan dari kwetiau ayam ini relatif lebih murah dibandingkan dengan produk olahan hasil daging lainnya.
b.      Strategi Produk
Produk ini merupakan produk baru dan belum ada sebelumnya. Produk ini dalam penyajiannya sangat mudah.
c.       Strategi Distribusi
Kami mendistribusikan produk ini secara face to face. Dengan begitu, kami dapat menyampaikan keunggulan dari produk kwetiau ayam ini, sehingga konsumen lebih yakin untuk membeli produk kami.
d.      Strategi Promosi
Agar lebih mempermudah pengenalan produk kwetiau ayam ini  pada konsumen, kami menyediakan sampel tester. Dan kami menyediakan potongan harga untuk pembelian kwetiau ayam ini dalam jumlah banyak.



BAB III
METODOLOGI

A.    Bahan Baku dan Ingredients
      1.      Tepung Terigu                         250 gr
      2.      Daging Ayam                          100 gr
      3.      Telur Ayam                             1 butir
      4.      Garam                                     5 gr
      5.      Bawang Putih                         1 buah
      6.      Bawang Goreng                      secukupnya
      7.      Gula                                        secukupnya

           B.     Proses Pengolahan
·         Cara Pengolahan
       1.      Menyiapkan peralatan dan bahan – bahan
       2.      Menimbang masing – masing bahan
       3.      Melakukan trimming daging ayam, mencuci dengan air bersih mengalir
       4.      Menghaluskan garam dan bawang putih
      5.      Memasukkan daging ke dalam fritter dan menambahkan bumbu halus, bawang goreng dan gula,   menghancurkan hingga hancur dan merata
     6.      Mencampurkan tepung terigu, adonan ayam dan telur lalu menguleninya hingga terbentuk adonan sempurna
      7.      Menggiling adonan kwetiau menggunakan penggiling hingga tipis
    8.      Membalur adonan kwetiau yang telah tipis dengan tepung terigu kemudian menggiling adonan menggunakan penggiling mie
     9.      Mengemas kwetiau menggunakan plastik mika


          C.    Spesifikasi Produk
No
Karakteristik
Spesifikasi
1.
Rasa
Khas kwetiau, asin, rasa ayam dan bawang
2.
Warna
Putih, krem
3.
Tekstur
Kenyal, empuk, jika belum dilakukan perebusan masih bertepung
4.
Aroma
Khas kwetiau, aroma bawang dan sedikit ayam
5.
Bentuk
Pipih dan memanjang

          D.    Peralatan
     1.      Baskom
     2.      Pisau
     3.      Talenan
     4.      Fritter
    5.      Nampan
    6.      Penggiling mie
    7.      Timbangan
    8.      Cobek dan muntu
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Akhir Tiap Produk
No
Karakteristik
Hasil Produk
Praktikum 1
Praktikum 2
Praktikum 3
1.
Rasa
Khas kwetiau, asin dan bawang, rasa ayam tidak terasa
Khas kwetiau, asin dan bawang, rasa ayam kurang terasa
Khas kwetiau, asin, rasa ayam dan bawang
2.
Warna
Putih, krem
Putih, krem
Putih, krem
3.
Tekstur
Kenyal, empuk
Kenyal, empuk
Kenyal, empuk
4.
Aroma
Khas tepung dan ayam, bawang
Khas tepung dan ayam, bawang
Khas tepung dan ayam lebih dominan
5.
Bentuk
Mie pipih
Mie pipih
Mie pipih

B.     Analisis Sensori
1.      Rasa
            Dalam kwetiau yang kami buat mempunyai rasa yang khas kwetiau, asin, dan terdapat rasa ayam dan bawang. Namun pada praktikum pertama dan kedua rasa ayam masih kurang terasa. Sehingga pada praktikum ketiga jumlah daging ayam yang digunakan lebih banyak dibanding dengan praktikum sebelumya. Produk yang dihasilkan pada praktikum ketiga, rasa ayamnya semakin terasa. Dan menurut kami, rasa yang dihasilkan tepat.

2.      Warna
            Warna dari kwetiau pada praktikum pertama hingga ketiga tidak mengalami perubahan yaitu putih, krem. Warna ini dihasilkan dari bahan baku tepung terigu yaitu putih. Warna krem dihasilkan dari daging ayam giling.

3.      Tekstur
            Tekstur yang dihasilkan adalah kenyal serta empuk. Kekenyalan dapat terbentuk apabila tepung (pati) yang bertemu panas sehingga tergelatinisasi yang membentuk tekstur kenyal. Tekstur kenyal didapatkan apabila telah dilakukan proses pengolahan selanjutnya, yaitu perebusan.
4.      Aroma
            Aroma yang terbentuk pada praktikum pertama dan kedua dominan bawang. Sedangkan aroma ayam kurang tercium. Pada praktikum ketiga, kami menambahkan jumlah daging ayam yang digunakan, sehingga menghasilkan aroma ayam yang lebih menonjol daripada dua praktikum sebelumnya. Dan menurut kami, aroma ini lebih baik daripada aroma dua praktikum sebelumnya.

5.      Bentuk
            Bentuk pipih dan memanjang ini terbentuk karena proses penggilingan dan pencetakan mie (kwetiau). Bentuk seperti ini akan menonjolkan karakteristik kwetiau sendiri dan lebih disukai konsumen.

C.    Pengemasan dan Label
Kemasan yang digunakan untuk produk kwetiau ayam ini adalah plastik mika. Digunakan plastik mika dengan tujuan melindungi produk dari kontaminasi, murah namun aman untuk produk.
Sedangkan label yang digunakan akan ditempelkan pada bagian atas plastik mika sehingga konsumen dengan mudah mengenali produk kami. Label kemasan untuk kwetiau ayam kami dapat dilihat pada lampiran.

D.    Analisis Ekonomi
No
Bahan
Harga
1.
Tepung Terigu
Rp   2500
2.
Daging Ayam
Rp   2800
3.
Telur Ayam
Rp   1500
4.
Garam
Rp       50
5.
Bawang Putih
Rp      100
6.
Bawang Goreng
Rp      200
7.
Gula
Rp        50
Jumlah Harga Bahan
Rp    7200

No
Karakteristik
Biaya
1.
Bahan
Rp   7200
2.
Kemasan
Rp   2000
3.
BBM
Rp       -
4.
Naker
Rp   3000
Total biaya
Rp   12200

Jumlah produk                = 5 bungkus (100 gr/bungkus)
Harga Pokok                   Rp. 2440/bungkus
Harga Jual                       = Rp. 3000/bungkus
Hasil Penjualan               = 3000 x 5 = Rp. 15000
Keuntungan                     = 15000 – 12200 = Rp. 2800 (1 kali produksi)
R/C Ratio                         = 1,23 (mendapat keuntungan)



BAB V
SIMPULAN

A.    Simpulan
     1.      Karena tingkat konsumsi produk olahan mie (misalnya kwetiau) di Indonesia sangat besar, namun kwetiau tidak memiliki jumlah gizi yang cukup banyak, serta cita rasa yang biasanya hambar bila tidak ditambahkan bumbu – bumbu, maka kami menciptakan produk inovasi untuk memperbaiki karakteristik yang dirasa kurang baik. Produk itu adalah kwetiau ayam.
      2.      Kwetiau ayam merupakan produk kwetiau yang terbuat dari tepung terigu dengan substitusi ayam yang telah dihancurkan, ditambah dengan bumbu – bumbu yang bertujuan untuk meningkatkan nilai gizi dan juga memperbaiki cita rasa.
      3.      Rasa yang dihasilkan khas kwetiau, terdapat rasa asin, bawang dan ayam sendiri. Warnanya yaitu krem, putih. Teksturnya kenyal dan empuk. Aromanya adalah ayam dan bawang. Serta bentuknya pipih dan memanjang.
      4.      Produk ini menguntungkan karena memiliki R/C Ratio sebesar 1,23

B.     Saran
    1.      Sebaiknya dilakukan pengeringan sehingga daya tahan produk lebih lama. Hal ini dapat meminimalkan jumlah produk kadaluarsa atau rusak.
       2.      Menambah variasi cita rasa agar konsumen tidak mudah bosan



DAFTAR PUSTAKA

Anonim. id.wikipedia.org. Kwetiau Ayam. Diakses tanggal 5 Mei 2016 pukul 16.31 WIB
Anonim. id.wikipedia.org. Manfaat Kwetiau. Diakses tanggal 5 Mei 2016 pukul 16.37 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar