Selasa, 07 Juni 2016

KEMASAN HDPE



MAKALAH PENGOLAHAN NABATI
PENGEMASAN
HDPE

Oleh
Kelompok 2 kelas 3 TPHP 3
1.     Apdi Witbintoro                                (06)
2.     Dea Shofiana Lathifah                       (09)
3.     En Vian Dwi Rahayu                        (12)
4.     Meidika Arni Saraswati                    (19)
5.    Yusuf Efendi                                     (37)



PEMERINTAH KABUPATEN TEMANGGUNG
DINAS PENDIDIKAN
SMK N 1 (STM PEMBANGUNAN) TEMANGGUNG
Jl. Kadar Maron, Kotak Pos 104, Telp/Fak (0293)4901639 Temanggung 56221

TEMANGGUNG

2015 / 2016



PENGEMAS HDPE



  A.    Pengertian Pengemas HDPE

High densitypolyethylene (HDPE) adalah polietilena termoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Plastik jenis HDPEdisimbolkan dengan angka 2. Dalam pengertian lain High Density Polyethylene (HDPE) adalah salah satu tipe dan jenis plastik yang paling umum digunakan di Amerika Serikat. Kantong plastik, botol susu, botol diterjen, botol lotion dan botol-botol alat kecantikan dan mandi, merupakan beberapa contoh kegunaan jenis dan tipe plastik HDPE di kehidupan sehari-hari. Daur ulang HDPE difungsikan untuk memproduksi produk rumput dan taman, ember,  alat-alat perkantoran dan suku cadang kendaraan bermotor. Plastik HDPE disimbolkan dengan angka 2. Plastik HDPE aman digunakan untuk wadah makanan, tetapi hanya untuk sekali pakai.  Bila digunakan lebih dari 3x, maka wadah plastik ini akan melepaskan senyawa antimon trioksida yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia.  Ciri-ciri kantong plastik HDPE yang baik adalah tidak berbau, tidak berbintik, dan tidak mudah jebol.
Rantai-rantai molekul HDPE tersusun lebih teratur, sehingga dibutuhkan kekuatan tarik yang lebih besar untuk memutuskan plastik HDPE. Hal ini berkaitan juga dengan nilai densitas jenis plastik ini. HDPE yang memiliki densitas yang tinggi, maka strukturnya tertutup atau susunan rantai-rantai polimernya lebih rapat. Menurut Harper (1975) pada polietilen jenis low density terdapat sedikit cabang pada rantai antara molekulnya yang menyebabkan plastik ini memiliki densitas yang rendah, sedangkan high density mempunyai jumlah rantai cabang yang lebih sedikit dibanding jenis low density. Dengan demikian high density memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Nilai kekuatan tarik ini perlu untuk mengetahui kekuatan kemasan bila diberi diberi tekanan. Semakin tinggi kemampuan suatu bahan kemasan untuk menerima suatu tekanan yang diberikan, maka semakin tinggi mutu suatu kemasan itu di dalam melindungi produk dari tekanan yang terjadi selama penyimpanan atau transportasi, sehingga kerusakan mekanis yang akan terjadi pada produk akan bisa dikurangi. HDPE dicirikan dengan densitas yang melebihi atau sama dengna 0,941/cm3. HDPE memiliki derajat rendah dalam percabangannya dan memiliki kekuatan antar molekul yang sangat tinggi dan kekuatan tensil. HDPE bisa diproduksi dengan katalis kromium/silika, katalis ziegler-natta, atau katalis metalocene.



  B.     Sifat Pengemas HDPE
a.       Bersifat keras hingga semifleksibel,
b.      Tahan terhadap bahan kimia dan kelembaban,
c.       Dapat ditembus gas,
d.      Permukaan berlilin dan buram,
e.       Mudah diwarnai, diproses dan dibentuk,
f.       Melunak pada suhu 750C.
g.      Biasanya digunakan untuk botol susu cair, jus, minuman, wadah es krim, kantong belanja, obat, tutup plastik.
h.      Disarankan hanya untuk satu kali penggunaan karena jika digunakan berulang kali dikhawatirkan bahan penyusunnya lebih mudah bermigrasi ke dalam pangan.
i.        Tidak berbau, tidak berbintik, dan tidak mudah jebol.
j.        Saling melekat satu sama lain.
k.      Tahan terhadap suhu dari -100 hingga 200°C.
l.        Ketahahnyang baik terhadap sebagian besar larutan.
m.    Kekuatan regangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk – bentuk polyethylene atau plastik lainnya .
n.      Bahanyangrelatif kaku dengan ketahanan suhu yang fungsional.
  C.     Rumus Kimia Pengemas HDPE

(CH2= CH2) (-CH2-CH2-)n
Etilen polimerisasi Polietilen
Pada polietilen jenis low density terdapat sedikit cabang pada rantai antara molekulnya yang menyebabkan plastik ini memiliki densitas yang rendah, sedangkan high density mempunyai jumlah rantai cabang yang lebih sedikit dibanding jenis low density. Dengan demikian, high density memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Ikatan hidrogen antar molekul juga berperan dalam menentukan titik leleh plastik (Harper, 1975).



   D.    Aplikasi Pengemas HDPE

·         Kantong HDPE Anti Panas Fungsi khusus: Untuk kantong Ukuran Kantong plastik kemasan kuah panas atau HDPE yang dapat minuman panas. Dipasaran: Lebar 10 s.d. 120 cm.
·         Tas Plastik HDPE Fungsi umum: Sebagai kantong belanjaan sehari-hari. Warna kantong plastik HDPE yang dapat dipasaran:Plastik HDPE Alas / HDPE Sheet - Bening / Transparan. Fungsi umum: Sebagai alas dari - Aneka motif / Salurwadah/box makanan panas /hangat.
·         Aneka warna Plastik HDPE Roll Fungsi khusus: Dipakai untuk kantong sayur/buah-buahan, alat pembungkus.
·         Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu.
·         HDPE dipakai untuk botol makanan dan deterjen, tetapi bukan untuk penampilan mutu tinggi.
·         Ikan dan ikan beku dikemas dengan HDPE atau LDPE.





   E.     Pengaruh Pengemas HDPE terhadap Produk

Benda dengan kode HDPE bentuknya berwarna putih susu dan digunakan untuk botol susu, jus, air, kotak sereal, produk pencuci, galon air minum, kursi lipat, dan lain lain. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya, sehingga tidak berpengaruh terhadap bahan yang dikemas. Namun apabila digunakan lebih dari 3x dapat menimbulkan senyawa antimon trioksida yang dapat membahayakn produk. Antimoni dan senyawa turunannya bersifat toksik, dan efek keracunannya mirip dengan efek keracunan senyawa arsenik. Debu antimoni berbahaya jika terhirup dan pada beberapa kasus dapat berakibat fatal, pada dosis kecil antimoni menyebabkan sakit kepala, pusing dan depresi (Bowater, 2010). Menurut MSDS (Material Safety Data Sheet) Mallinckrodt Baker Inc. nomor A7152 tahun 1997 terdapat keterangan bahwa antimoni adalah cemaran yang beracun, bahaya, dan dapat berakibat fatal bila terhirup.  Dapat mengakibatkan iritasi, target serangan adalah system pernafasan, system kardiovaskular, mata, dan kulit. 



   F.      Contoh Pengemas HDPE
HDPE dipaki untuk membuat berbagai jenis botol. Botol - botol HDPE yang tidak berpikmen biasanya transparan, memiliki sifat penahan dan kekakuan yang baik, dan sangat cocok untuk produk – produk kemasan dengan usia penyimpanan yang pendek seperti susu.
            Karena HDPE memiliki ketahahn kimia yang baik,HDPE biasa di gunakan untuk mengemass berbagai bahan kimia rumah tangga dan industri seperti detergen dan pemutik. Botol – botol HDPEyang berpigmen memiliki ketahahn retak terhadap tekanan lebih baik daripada HDPE yang tidak berpigmen.
1.      Botol Susu
2.      Botol Shampo
3.      Kantong Plastik Belanja
4.      Pipa HDPE
5.      Botol Obat
6.      Kemasan Detergen Cair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar